5 Tips Cepat Pandai Menulis Puisi

5 Tips Cepat Pandai Menulis Puisi

 Halo sahabat pembaca, sekian lama saya (Pakai kata saya aja ya, kalau pakai gue capek) tidak posting sesuatu di dalam blog ini. Bukan karena tidak ingin lagi, namun sibuk kuliah. Dan saya tidak mempunyai kesempatan untuk menulis di blog tapi menulis di laporan kampus. Hari ini saya sempat-sempatin untuk memposting ilmu pengetahuan puitis untuk teman-teman saya yang sangat, saNGAT, SANGAT pengen tau cara menulis puisi yang bagus tapi nggak ngerti-ngerti kalau dijelasin. Dan sekalian untuk pengetahuan sahabat pembaca ya,

 Saya capek aja dengerin pertanyaan ini terus tiap hari:
"Bro, gimana sih bikin puisi ?"
"Eh, bagi tips dong cara buat puisi"
"Bro, bro, bro, bantuin" (sambil nangis nangis).
"Bro, traktir dong" (Ehh nggak termasuk ya)
Dan yang paling bikin saya baper
"Bro cewek gue besok ultah, bikinin ane puisi dong, ane mau ngasik kado buat dia, dia, dia, lalu Dia (lalu nyanyi lagu anji)
Padahal gue eh saya yang bikin puisi tapi dia yang memberikan. Wajar sih cewek dia kok. Apalah daya diriku yang menjadi seorang Pak Comblang.
Nah daripada saya jelasin terus jadi saya tulis aja di blog saya ini 5 Tips Cepat Pandai Menulis Puisi.

1.Tenangin Diri dan Ingatlah Masa-Masa Lalumu
Hasil gambar untuk Tenang
 Oke tips yang pertama adalah Tenangkan diri atau mengingat masa lalu, dengan cara ini kita bisa memunculkan kata-kata dari sebuah kenangan. Rasakan angin yang berhembus saat kamu tenang, rasakan suara-suara sekitarmu menjadi backsound yang mengiringimu bermeditasi mengingat masa lalu. Cobalah untuk setenang mungkin dan tuliskan dalam sebuah kertas apa yang kamu pikirkan.

2.BAPERIN DIRIMU

 Tips yang kedua ini termasuk ampuh menurut saya, karena dengan baperin diri kalian tiba-tiba bisa menjadi orang yang bijak. Kenapa bisa begitu, saya juga tidak tau. Yang pasti dengan BAPER atau Bawa Perasaan, seakan-akan kamu bisa menyelinap kedalam jutaan berkas-berkas kata dalam otakmu. (Sungguh menakjubkan). Namun di tips kedua ini ada hal yang harus di perhatikan, dalam merasakan BAPER, jangan sampai kamu tenggelam dalam kebaperanmu ingatlah bahwa kamu masuk dalam dunia Baper hanya untuk menulis PUISI dan saya sudah survey hal ini ke 10 teman saya, 7 orang berhasil membuat puisi baper dan sisanya gagal karena tenggelam dalam ke-baperannya.

3.Liat Situasi
 Dalam menulis puisi kamu juga harus bisa melihat situasi, dalam kondisi apa kamu, puisi apa yang ingin kamu buat, cowok atau cewek yang ingin kamu berikan puisi, dan mengapa kamu ingin membuat puisi. Puisi cinta, Puisi Nasional, Puisi Sedih, Puisi Rindu, Puisi kecewa dan banyak tema puisi tergantung suasana your Heart.

4.Dari Hati
  Terkadang kita tidak nafsu makan karena sakit hati, Tidak bisa tidur karena sakit hati, Tidak bisa konsentrasi karena sakit hati dan kita juga TIDAK AKAN BISA MENULIS PUISI JIKA HATI SEDANG SAKIT. Jadi untuk bisa menulis puisi, tenangkan hati kalian, obati dengan kasih, perban dengan kenangan, rawat dengan Cinta. Saat hati kalian sudah sembuh, yakinkan hati kalian kalau kalian mempunyai seribu, jutaan, miliyaran kata untuk menuliskan rasa sakit kalian.
5. BANYAK MEMBACA BUKU

 Nah, nah, nah, yang terakhir ini kebanyakan orang pengen bisa nulis puisi tapi MALAS MEMBACA BUKU, walau bisa dengan cara lain namun membaca buku kita bisa lebih banyak mendapatkan rangkaian, wawasan, dan kita bisa dengan mudah membuat puisi, Karena kita banyak mendapatkan rangkaian kata bermakna. yaa bisa terbilang, buku itu adalah wawasan kata dan makna. Namun, dilihat lagi buku apa yang kita baca, keasliannya, dan bukan buku yang sesat atau negatif atau memiliki kata-kata yang buruk.

 Okee itulah sahabat pembaca 5 tips untuk cepat pandai dalam menulis puisi, yaa kalau menurut saya sih memang pada intinya untuk bisa menulis puisi itu tergantung perasaan kita sendiri. Kalau lagi mood pasti ada aja kata-kata yang bisa dijadiin puisi.
Thanks sudah membaca dan sampai jumpa dipostingan berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Kado Sederhana Untukmu Ayah

Saatnya Cerdas Berinternet untuk Masa Depan yang lebih baik

KOPDAR BLOGGER PONTIANAK - Event pertamaku di tahun 2018